Pentingnya penentuan harga jual untuk menigkatkan harga jual

Pentingnya penentuan harga jual untuk menigkatkan harga jual
Penentuan Harga Jual Halaman 1 - Kompasiana.com

Selamat datang kembali diblog pribadi saya, diblog saya kali ini akan membahas tentang "Pentingnya penentuan harga jual untuk meningkatkan penjualan produk".

Dalam dunia usaha, pemasaran merupakan salah satu bagian yang terpenting. Sebab, pemasaran adalah kunci untuk mendapatkan keuntungan dari usaha yang dijalankan. Bagi pelaku usaha yang sudah berpengalaman, pemasaran produk bukanlah perkara sulit. Akan tetapi, bagi pelaku usaha pemula, pemasaran produk bukanlah perkara mudah. Bahkan, pelaku usaha pemula seringkali belum mampu menentukan sendiri harga jual produknya. Harga jual produk juga menjadi suatu hal yang sangat sensitif untuk keberlanjutan usaha dan bisnis anda, ada banyak hal yang akan terpengaruh dengan harga jual produk yang anda tentukan. Jadi jika anda asal dalam menentukan harga, maka akan meningkatkan resiko kerugian yang dapat anda alami. Setidaknya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menentukan harga jual suatu produk, baik produk barang maupun jasa. Hal-hal yang harus kalian perhatikan di antaranya adalah faktor pelanggan, pesaing, biaya, dan juga kemanfaatan untuk usaha anda sendiri.
Nah, dalam menentukan harga jual ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, diantaranya :
1. Pelanggan, tidak bisa di pungkiri bahwa pelanggan merupakan prioritas anda, jadi pastikan bahwa harga jual yang anda tetapkan akan dapat di terima oleh pelanggan. Artinya harga menentukan kualitas, yang berarti bahwa harga menentukan kualitas yang anda tawarkan kepada target pelanggan anda. Jika anda tidak mempertimbangkan faktor ini, bisa jadi produk yang di tawarkan tidak akan laku.
2. Pesaing, dalam menentukan harga jual, pelaku usaha dapat membandingkan dengan harga jual yang ditawarkan para pesaing yang mempunyai produk yang sama. Maka, pastikan harga jual produk dapat bersaing dengan harga jual produk pesaing. Artinya pelaku usaha harus benar-benar memperhatikan tingkat keuntungan, jika tingkat keuntungan yang sudah ditetapkan menyebabkan harga jual terlalu mahal, sebaiknya pelaku usaha menurunkan tingkat keuntungan.
3. Biaya, biaya merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual produk, karenanya jangan sampai harga jual yang ditetapkan tidak bisa menutup biaya-biaya yang sudah dikeluarkan. Artinya pelaku usaha harus benar-benar jeli dan juga teliti dalam menghitung biaya yang dikeluarkan. Jika ada biaya tidak dihitung, maka hal itu akan menyebabkan harga yang tidak tepat, sehingga akan mempengaruhi tingkat keuntungan bahkan menyebabkan kerugian.
4. Kemanfaatan untuk usaha, ini artinya apakah harga jual sudah pantas atau belum, di nilai pantas jika harga dapat memberikan keuntungan yang di harapkan. Seandainya saja keuntungan yang anda harapkan dapat tercapai, tentu saja hal ini akan mempermudah dalam ekspansi perkembangan usaha dan bisnis yang kalian miliki.

4 METODE PENETAPAN HARGA - Ilmu Ekonomi ID

Tujuan dalam menentukan harga jual secara umum produsen harus menghubungkan dengan strategi perusahaan secara menyeluruh, misalnya :

- Memaksimalkan penjualan dan penetrasi pasar. Untuk dapat menarik perhatian para konsumen yang menjadi target market/target pasar maka suatu perusahaan sebaiknya menetapkan harga yang serendah mungkin. - Dengan harga turun, maka akan memicu peningkatan permintaan yang juga datang dari market share pesaing/ kompetitor.
- Mempertahankan kualitas atau diferensiasi pelayanan. Apabila persaingan di dalam industri bisnis yang sama sudah cukup banyak dan kuat-kuat maka salah satu tehnik yang dapat dipakai untuk menjaga pangsa pasar konsumen adalah dengan penyesuaian harga menjadi lebih murah. Dengan adanya penurunan harga yang lebih murah dari pesaing akan membuat konsumen tetap setia dengan produk yang kita jual.
- Mendapatkan atau memaksimal keuntungan. Penetapan harga biasanya memperhitungkan tingkat keuntungan yang ingin diperoleh. Semakin besar marjin keuntungan yang ingin didapat, maka menjadi tinggi pula harga yang ditetapkan untuk konsumen. Dalam menetapkan harga sebaiknya turut memperhitungkan daya beli dan variabel lain yang dipengaruhi harga agar keuntungan yang diraih dapat maksimum.
- Mendapatkan atau Merebut Pangsa Pasar/Market Share.
- Menjaga Kelangsungan Hidup Kegiatan Operasional. Perusahaan yang baik menetapkan harga dengan memperhitungkan segala kemungkinan agar tetap memiliki dana yang cukup untuk tetap menjalankan aktifitas usaha bisnis yang dijalani.
- Balik Modal ROI/Return on Investment. Setiap usaha menginginkan tingkat pengembalian modal yang tinggi. ROI yang tinggi dapat dicapai dengan jalan menaikkan profit margin serta meningkatkan angka penjualan.

Setelah anda menemukan harga jual produk yang tepat atas dasar biaya-biaya produksi + keuntungan yang di harapkan, pertimbangkan juga apakah pelanggan akan terbebani dengan harga jual tersebut, dan bagaimana dengan harga jual yang di tawarkan oleh pesaing. Jika harga jual produk anda terlalu tinggi, mungkin anda bisa menurunkan tingkat keuntungan yang anda harapkan.

Oke, mungkin hanya itu saja yang dapat saya ulas berkaitan dengan cara menentukan harga jual produk yang tepat. Semoga ulasan saya tentang pentingnya penentuan harga jual untuk meningkatkan produk di atas dapat bermanfaat dan juga semoga membantu anda dalam menetapkan harga jual atas produk yang anda miliki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha